Rudi Hartono : Gerakan family farming Menuju Kemandirian Pangan

Tribun Kota,Bogor

Kegiatan Family Farming yang dilakasanakan di Pusat Penelitian Pengembangan Holtikultura di jalan tentara pelajar cimanggu,Pusat Penelitian Pengembangan Holtikultura bagian dari upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.Kementerian Pertanian ( Kementan) mengajak masyarakat Indonesia melakukan Gerakan Ketahanan Pangan Nasional melalui konsep ” Pangan dari Pekarangan”.

Dengan begitu, selain bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga secara swadaya, tak menutup kemungkinan gerakan family farming juga mendukung gerakan lebih besar, yaitu Kemandirian Pangan.

Ditemui wartawan Tribun Kota saat memberikan pandangan di depan peserta Dr. Rudi Hartono, SP,. MP. Selaku Kabid KSPHP Puslitbang Hortikultura mengatakan, “Selain bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga secara swadaya, tak menutup kemungkinan gerakan family farming juga mendukung gerakan lebih besar, yaitu Kemandirian Pangan dan harus dilaksanakan secara berkelanjutan.Intinya setiap keluarga bisa mensubstitusi kebutuhan pangannya. Masyarakat bisa membangun kebun keluarga dengan memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah secara terus menerus, karena yang ditanam merupakan tanaman yang dibutuhkan tiap hari,” Ujar Pria yang lahir 48 tahun lalu di Gunung Agung Sumatera Selatan ini di sela acara,jumat (19/03/2021).(BOB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *