Yuk Intip Ikan Terbesar Di Amazon

Bagaimana orang Amazon menyelamatkan ‘Terminator’ dunia ikanDitemukan di lembah sungai Amazon, ini adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia, mampu tumbuh sepanjang tiga meter dan berat 200 kilogram (440 pon).

Ia menghirup udara, memungkinkannya hidup di air dengan sedikit oksigen, dan bertahan satu hari di luar air sama sekali. Ia memakan ikan, tetapi juga burung, kadal dan mamalia kecil, menghancurkan mangsanya dengan lidahnya yang tertutup gigi.Mahakarya evolusi ini memiliki trik yang lebih hebat – sisiknya, yang dibandingkan dengan rompi antipeluru, dilindunginya dari serangan piranha. Tangguh tapi fleksibel, propertinya bahkan telah menarik perhatian Angkatan Udara AS.

Arapaima adalah Terminator kerajaan hewan, namun memiliki kelemahan fatal: makan enak. Disebut pirarucu secara lokal, ia juga dikenal sebagai “cod of the Amazon”, karena dagingnya yang putih kokoh dan tulang yang minimal. Ikan adalah sumber makanan penting bagi komunitas lokal, tetapi juga berharga di antara pengunjung yang cerdas di beberapa kota terbesar di Brasil.Nelayan memuat arapaima ke perahu mereka di wilayah Amazon Barat dekat Volta do Bucho di Cagar Alam Ituxi pada 20 September 2017.

Penangkapan ikan berlebihan menyebabkan penurunan populasi, dan pada tahun 1990-an diambil langkah-langkah untuk melarang penangkapan ikan arapaima. Namun, penangkapan ikan ilegal terus berlanjut, menyebabkan spesies tersebut menghilang dari beberapa bagian Amazon. Namun berkat kerja keras selama dua dekade dari para konservasionis dan komunitas lokal, itu tidak lagi menjadi masalah.Terlebih lagi, arapaima belum hilang dari piring. Faktanya, konsumsi sangat penting untuk model konservasi, yang berarti orang Brasil dapat memiliki ikan dan memakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *