Ondel-Ondel dan Manusia Silver Di Razia Polisi Pamong Praja

Tribun Kota,Jakarta.

Puluhan Pengamen Ondel-Ondel dan Manusia Silver Dijaring Satpol PP Jakarta Timur siang tadi Rabu (24/32021),mereka terjaring dan dibawa ke GOR Ciracas untuk diberi pembinaan.Disana mereka di beri Rapid Tes Antigen yang bekerjasama dengan Sudin Kesehatan.

Sementara itu Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novia mengatakan, “Tindakan manusia silver dan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial lainnya) meminta-minta dijalan hingga masuk permukiman warga sudah melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum,atas dasar itu Razia dilakukan,” Ujar Budhy. Budhy juga meminta kepada petugas untuk tidak mengejar PMKS yang melarikan diri. Menurutnya, mereka bukan pelaku kejahatan, melainkan pelanggar ketertiban.

Menurut Penikmat Agro Wisata dan Juga Staf Pengajar Institut Pertanian Bogor,Arif Darmawan mengatakan,”Polisi Pamong Praja itu melakukan Penertiban sesuai Intruksi kepada Pengamen Ondel-Ondel,sedangkan Pengamen ya mau cari uang,Bagaimana kita usul agar Pemeritah Daerah bikin event budaya rutin agar Ondel-Ondel bisa tampil disana,sehingga bisa kondusif.” Terang Arif yang juga warga Bogor.

Menurut sumber pengrajin Ondel-Ondel,mereka tidak setuju Ondel-Ondel dipakai mengamen,sama seperti pandangan Arif Darmawan,Para Pengrajin berharap Ondel-ondel ada tempat atraksi khusus sebagai ikon betawi.Mudah-mudahan Pemerintah segera memfasilitasi agar Ondel-ondel punya tempat rutin beratraksi yang bisa menghasilkan serta melestarikan budaya betawi.(BOB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *