Yuk Mengenal Peta Zona Agro Ekologi Besutan BBSDLP Kementan

Tribun Kota,Bogor.

Produk BBSDLP satu ini cukup menarik,yaitu Atlas Zona Agro Ekologi Indonesia skala 1:250.000 adalah hasil integrasi antara data dan informasi sumberdaya lahan dengan persyaratan tumbuh tanaman. Setiap tanaman memerlukan kondisi lingkungan yang spesifik untuk tumbuh baik dan berpoduksi tinggi. Peta AEZ skala 1:250.000 ini menyajikan wilayah yang potensial untuk pengembangan pertanian serta alternatif komoditas pertaniannya. Atlas Zona Agro Ekologi ini merupakan hasil perpaduan dan pemutakhiran (update) dari peta-peta yang pernah dibuat oleh BPTP seluruh Indonesia.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) merupakan unit kerja lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, yang dibentuk berdasar Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 37/Permentan/OT.140/3/2013, tanggal 11 Maret 2013. Lembaga ini menggantikan Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat yang merupakan pengembangan dari sebuah Laboratorium tot Vermeerdering de Kennis van den Bodem (Laboratorium untuk perluasan pengetahuan tentang tanah) yang merupakan bagian dari Laboratoria voor Inlandschen en voor Bodemonderzoekingen (Laboratoria untuk pertanian rakyat dan penyelidikan tanah) sebagai pendukung Departement van Landbouw, yang mulai difungsikan pada bulan Agustus 1905. Pada tahun 1974, lembaga yang pada waktu itu sudah bernama Lembaga Penelitian Tanah bersama lembaga-lembaga penelitian pertanian lainnya bergabung dalam satu wadah, yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Keputusan Presiden Nomor 44 dan Nomor 45 tahun 1974.

Selama berada di dalam lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, pada tahun 1991 lembaga ini mendapat mandat baru yaitu penelitian di bidang agroklimat dan pada tahun 2001 mandat itu ditambah lagi dengan lanjutan dari suatu penelitian yaitu pengembangan sehingga namanya menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat. Selanjutnya, pada tahun 2005, lembaga ini menjadi sebuah balai besar yang menangani penelitian dan pengembangan sumberdaya lahan pertanian.Dikutip dari Web BBSDLP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *