BALIITRO Ajak Mengenal Manfaat Rosemary

Tribun Kota,Bogor.

Yuk kita cari tahu apa itu Rosemary, Tanaman rempah, obat dan atsiri di Indonesia terdiri dari beragam spesies yang kadang kala sulit untuk dibedakan satu dengan yang lain. Bangsa Indonesia telah lama mengenal dan menggunakan tanaman berkhasiat obat sebagai salah satu upaya dalam menanggulangi masalah kesehatan. Kecenderungan masyarakat Indonesia beralih ke alam atau “Back to Nature” menjadi salah satu trend kebiasaan hidup kita sekarang ini khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat.Balittro merilis salah satu tanaman Rempah yaitu Rosemary.

Rosemary adalah semak cemara aromatik dengan daun yang mirip dengan jarum. Tanaman ini tumbuh baik di Mediterania dan Asia, tetapi cukup kuat untuk tumbuh di daerah yang beriklim dingin. Selain itu tanaman ini tahan kekeringan, bertahan dari kekurangan air yang parah untuk periode yang lama. Di beberapa bagian dunia, rosemary dianggap sebagai spesies yang berpotensi invasif. Budidaya dari benih seringkali sulit untuk memulai, dengan tingkat perkecambahan yang rendah dan pertumbuhan yang relatif lambat, tetapi tanaman dapat hidup selama 30 tahun. Bentuk berkisar dari tegak ke belakang; bentuk tegak dapat mencapai tinggi 1,5-2 m. Daunnya hijau, panjang 2-4 cm dan lebar 2-5 mm, hijau di atas, dan putih di bawahnya, dengan rambut lebat, pendek, dan berbulu. Tanaman berbunga di musim semi dan musim panas di daerah beriklim sedang, tetapi tanaman dapat terus mekar di daerah beriklim hangat; bunga berwarna putih, merah muda, ungu atau biru tua. Rosemary juga memiliki kecenderungan berbunga di luar musim berbunga normal; telah dikenal berbunga pada awal Desember, dan pada awal Februari di belahan bumi utara.  

Bahan Aktif  Rosemary umum digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Namun, di luar manfaat kulinernya, rosemary juga dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi, teh herbal, dan suplemen. Hal ini dikarenakan rosemary memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti: serat, protein. mineral, termasuk kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan zinc. Vitamin, termasuk vitamin A, folat, vitamin B, dan vitamin C. Selain nutrisi-nutrisi di atas, tanaman rosemary juga memiliki mengandung zat kimia yang diketahui memiliki efek antioksidan, antibakteri, antivirus, serta dapat meredakan peradangan di dalam tubuh. Rosemary mengandung sejumlah bahan aktif, termasuk asam rosmarinic, kamper, asam caffeic, asam ursolat, asam betulinic, asam carnosic , dan carnosol. Minyak esensial rosemary mengandung 1020% kamper.   Vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan penglihatan. Vitamin B bermanfaat untuk mencegah adanya kelahiran bayi cacat bagi ibu hamil karena kemampuannya untuk sintesisa dan memperbaiki DNA dan RNA. Selain itu, kekebalan tubuh dan antibodi pun menjadi meningkat dengan kandungan vitamin C pada rosemary. Kandungan lain dari daun rosemary : chienol 30%, minyak atsiri 1-25% , Borneol 16-20%, therein 1,8%, camphor, borynl asetat 7%, zat besi. Bunga rosemary juga bisa berfungsi sebagai aromaterapi dengan segudang manfaat dan kandungan. 

Manfaat Empiris  Biasanya rosemary dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kosmetik, penyedap masakan, dan minuman. Namun, ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Pada tumbuhan rosemary terdapat bagian yang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, yaitu daunnya, bahkan ekstrak daun rosemary bisa dijadikan minyak yang bermanfaat.  Bunga rosemary mengandung zat yang dapat membuat pernapasan menjadi lancar akibat masalah pada dahak, yaitu dengan zat mukolitik yang dapat memudahkan mencairkan dahak.  Manfaat rosemary diantaranya yaitu : mengobati masalah usus atau lambung, mencegah penyakit kanker, meningkatkan daya ingat

dan fungsi otak, merangsang dan menyuburkan pertumbuhan rambut, membantu fungsi ginjal berjalan dengan baik, membantu mengobati masalah pernapasan, memperlambat proses penuaan, mengobati jerawat, menyembuhkan infeksi kulit, rejuvinasi kulit, menstimulus peredaran darah, pengusir hama.

Cara Pemanfaatan  Berbagai macam resep minuman dengan tambahan rosemary dapat dibuat. Selain itu, manfaat yang bisa di dapatkan juga banyak. Apalagi jika dipadukan dengan bahan lain yang juga memiliki nilai gizi tinggi misalnya madu dan aneka jenis buah. (Feri Manoi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *