Balittro Lakukan Pendampingan Teknis Peningkatan Kapabilitas Serta Pengembangan Tanaman Cengkeh

Balittro melakukan pendampingan teknis peningkatan kapabilitas petugas untuk pengembangan tanaman cengkeh Pada Tanggal 24 – 26 Maret 2021. Kegiatan ini dikoordinir oleh Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah Ditjenbun Kementan dengan jumlah peserta 15 orang yang terdiri dari 9 Orang dari Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah Ditjenbun Kementan, 1 Orang dari Dinas Kabupaten Pangandaran, 1 Orang dari Dinas Kabupaten Purwakarta, 1 Orang Dinas Kabupaten Sukabumi, 1 Orang dari Provinsi Jawa Barat, 1 Orang dari Dinas Kabupaten Garut dan 1 Orang dari Dinas Kabupaten Toli-toli.

Kegiatan pendampingan ini di buka oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat yang diwakili oleh Sub Koordinator Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, MSi didampingi para Narasumber dan Tim Jasa Penelitian.

Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Ir. Hendratmojo Bagus Hundoro, MSc. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balittro yang telah menerima peserta bimbingan teknis ini. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan teknis dan meningkatkan kinerja petugas terutama dalam menangani komoditas-komoditas yang ada di Ditjenbun Kementan. Pembangunan perkebunan ke depan dihadapkan berbagai tantangan seiring dengan perkembangan lingkungan yang sangat dinamis dan berbagai persoalan mendasar terutama tekanan globalisasi liberalisasi pasar. Peningkatan kualitas petugas dilapangan secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan para petani sehingga dapat meningkatkan pula pendapatan negara,”ujar Ir. Hendratmojo Bagus Hundoro, MSc.

Kegiatan Pendampingan teknis ini dilaksanakan selama 3 hari, dengan agenda dan narasumber diantaranya:
1.Dr. Nurliani Bermawie dengan materi 1) Identifikasi Klon/varietas cengkeh; 2) Pengenalan varietas cengkeh; 3) Penilaian Blok Penghasil Tinggi Cengkeh
2.Dr. Melati dengan materi 1) Mutu benih Cengkeh; 2) Pembangunan Kebun Induk
3.Rudi Suryadi, SP.,MSi dengan materi 1) Pengenalan, cara Perbanyakan dan Teknik Budidaya cengkeh; 2) Praktek lapang dan pengenalan benih hasil perbanyakan vegetatif cengkeh; 3) Praktek lapang cara perbanyakan budidaya cengkeh
4.Dr. Molide Rizal dengan materi Pengenalan dan Pengendalian Hama dan Penyakit Utama Tanaman Cengkeh
5.Ir. Sofiana Bagem Sembiring dengan materi 1) Pengolahan Pasca Panen tanaman cengkeh skala industry; 2) Praktek pembuatan produk dari tanaman cengkeh
6.Kunjung lapang ke IP2TP Cibinong, Unit Pengelola Benih Sumber dan Kebun Wisata Ilmiah.

Kegiatan pendampingan teknis ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan CD yang berisi bahan materi serta foto dokumentasi selama kegiatan.

Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan para petugas benih sehingga ilmu yang didapatkan dapat di informasikan atau ditularkan kepada masyarakat. Sehingga kita dapat membangkitkan kembali Kejayaan Rempah Indonesia. (efiana/balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *