TRIBUN KOTA JELAJAH NUSANTARA : Menelusuri Gunung Salak Halimun

Tribun Kota,Bogor.

Lelah beraktifitas sehari-hari terkadang membuat sebagian manusia jenuh dan merasa bosan dengan suasana Kota.Liburan,Ya Liburan ada alternatif terbaik bagi sebuah solusi melepaskan penat dan lelah atas rutinitas berulang serta kesibukan yang padat.Pilihan untuk melepas Lelah dan kejenuhan bisa berenang,berlibur dan mendaki gunung.

Tribun Kota membuat program Jelajah Nusantara agar pembaca ikut merasakan aktifitas Jelajah Nusantara walaupun sekedar membaca yang nantinya bisa mendorong untuk melakukannya.

Pilihan Jelajah berikut dipandu oleh wartawan kami Ade Jamaluddin,S.Kom yang mendaki Gunung Salak untuk berbagi pengalaman mendaki dan berbagi cerita tentang keindahan Alam dalam perjalanannya menjelajah Nusantara.

Menjelajah Gunung Salak Kali ini Jurnalis Ade dan TIM melewati Pasir Reungit yang dikenal sebagai jalur terpanjang dan memutar serta treknya banyak bonus dengan View pemandangan yang sangat indah.

Kawah Ratu berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Seperti yang diketahui bersama. Wilayah Gunung Salak termasuk dalam wilayah yang bisa dibilang sebagian orang sebagai Kawasan angker. Penuh misteri dan kejadian mistis yang tidak bisa masuk di akal. Seperti halnya, terjatuhnya pesawat Sukhoi pada beberapa tahun yang lalu.

Ternyata, tanpa disadari sejarah mencatat sudah ada 5 pesawat yang jatuh di gunung ini. Di duga semua pesawat tersebut menabrak gunung salak. Oleh karena itu, Gunung ini dikaitkan dengan cerita ada sosok misteri tentang penunggu Gunung salak adalah Jin besar yang berwujud bidadari. Entah benar atau tidak ini hanya cerita misteri.

Kawah ratu ini terbentuk dari erupsi dahsyat yang pernah dialami oleh Gunung salak. Erupsi ini memang tidak sebesar Gunung tambora, atau Gunung Anak Krakatau. Tetapi, efeknya mampu membuat kawah ratu yang tampak indah. Pesonanya mampu membuat mata enggan untuk berkedip sedikit pun.

Daya Tarik utama dari kawasan ini terletak di aliran sungai Cikuwulung yang melintas kurang lebih 1 km. Inilah yang membedakan antara Kawah Ratu dengan kawah yang lainnya dan bisa dibilang menjadi keunikan dari kawah ratu. Jika Pembaca metrokota.net akan lihat dari kejauhan, aliran sungai ini berwarna biru tosca.Tetapi, jangan terkejut saat sobat native mendekat ke kawasan ini. Dimana, warna kuning akan tampak terlihat di dasar sungai. Warna inilah yang merupakan endapan belerang. Bila berkunjung ke kawasan ini, disarankan untuk membawa masker yang mampu menutupi bau belerang. Karena, bau yang sangat menyengat ini tidak terlalu baik bagi kesehatan kita.

Adapun untuk Letak Kawah ratu berada di Perut Gunung Salak yang mempunyai ketinggian puncak 2.221 mdpl. Bisa dibilang kawah ratu ini adalah pos terakhir sebelum masuk ke puncak 1 (2.221 mdpl) atau puncak 2 (2.180). Nah, konon katanya di puncak 2 inilah pusat keangkeran Gunung Salak menurut cerita yang beredar.

Ada tiga titik pendakian yang bisa ditempuh Titik pertama berada di Jalur Bumi Perkemahan Gunung Bunder. Tempat ini berada di kecamatan pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasi ini berdekatan dengan pintu gerbang Taman nasional Gunung Halimun salak. Jarak yang ditempuh dari kawasan ini menuju ke Kawah ratu kurang lebih 5km.

Kurang lebih waktu yang ditempuh antara 3 – 4 jam. Disepanjang perjalanan kita akan disuguhkan berbagai macam keindahan alam.Pemandangan di kawasan ini pun tidak kalah dengan pemandangan di Gunung Bunder jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil foto ya. Jalur ketiga, terletak di Bumi Perkemahan Cangkuang. Nah, jalur pendakian ini berada di wilayah sukabumi. Lebih tepatya, berada di kecamatan Cidahu.

Jalur ini mempunyai jarak sekitar 4,5 km dimana jarak tempuh menuju kawah ratu diperkirakan mencapai 4- 5 jam lamanya. Jarak yang akan sebanding dengan apa yang akan dilihat. Seperti halnya kawasan lain, tempat ini juga dipenuhi dengan kera-kera, hanya saja kera disini cukup menggemaskan karena, takut oleh manusia. Mereka hanya bersembunyi di balik pohon.(ADE/BOB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *