Yuk Kita Lihat Manfaat Tanaman Sage !

Tribun Kota,Bogor.

Balittro Merilis beberapa tanaman obat dan rempah yang mempunyai nilai lebih untuk kesehatan,Salah satunya Sage (Salvia officinalis).Sage merupakan tanaman aromatik yang berasal dari keluarga Lamiaceae atau mint family dengan jumlah spesies terbanyak, sekitar 900 spesies. Wilayah asal sage spesies S. officinalis adalah dari wilayah Timur Tengah dan Mediterania, tanaman ini termasuk kedalam jenis perdu dengan tinggi rata-rata tanaman sekitar 0,6 m. Daun sage memiliki bentuk oval berwarna hijau sampai hijau muda dengan tekstur kasar dan memiliki bulu halus. Tanaman sage memiliki bunga pada bagian ujung tanaman seperti pada tanaman lavender dengan warna ungu, namun terdapat bunga berwarna putih dan juga merah bergantung pada varietas tanaman sage tersebut.

Bahan Aktif Identifiaksi dan isolasi fitokimia pada tanaman sage yang berasal dari daun, batang dan bunga telah banyak dilakukan melalui beberapa metode ektraksi. Fitokimia utama yang banyak ditemukan pada tanaman sage adalah golongan flavonoid, terpenoid, alkaloid, senyawa fenol, glikosidik, steroid, asam lemak, dan karbohidrat. Pada golongan flavonoid senyawa utama yang teridentifikasi diantaranya adalah apigenin, circimaritin, ellagic acid, genkwanin, hispidulin, luteolin, quercetin, rosmarinic acid dan rutin.

Manfaat Empiris Tanaman sage memiliki riwayat pemanfaatan yang luas dalam bidang kuliner sebagai bumbu dapur dan obat tradisional. Di wilayah Asia dan Amerika Latin sage dimanfaatkan sebagai obat kejang, maag, asam urat, peradangan, rematik, pusing dan diare. Sedangkan di wilayah Eropa tanaman sage dikenal sebagai obat mulas, kembung dan perangsang kognitif atau otak.

Manfaat Ilmiah Tanaman sage secara tradisional banyak dimanfaatkan sebagai obat, sehingga saat ini telah banyak dilakukan penelitian secara ilmiah yang menunjukkan bahwa tanaman sage hasil ekstraksi memiliki manfaat sebagai antioksidan, antiseptik, anti-peradangan, peningkat metabolisme dan peningkat fungsi kognitif otak serta daya ingat. Secara klinis ekstrak sage telah diuji manfaatnya terhadap beberapa subjek penelitian pada bidang kesehatan seperti; peningkatan fungsi otak pada pasien dengan riwayat penyakit alzheimer, peningkatan daya ingat pada pasien lansia, mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan dan dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 

Cara Pemanfaatan Sage dimanfaatkan dalam bentuk simplisia dan juga ekstrak tanaman berupa minyak atsiri. Secara tradisional simplisia dari daun tanaman sage dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan teh kesehatan, sedangkan minyak atsiri dan ekstrak tanaman sage dapat dilakukan dengan beberapa metode ekstrasi dan penggunaan dapat dimanfaatkan secara luas sebagai bahan baku obat herbal. (Redy Aditya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *