Asal Usul Seni Tarian Di Indonesia

Negara di dunia pasti memiliki beraneka ragam adat atau kebiasaan yang sesuai dengan Negara nya masing-masing. Salah satu nya Indonesia.

Walaupun Indonesia memiliki banyak adat,suku,ras dan agama tidak membuat bangsa Indonesia satu sama lain bertengkar,justru bangsa Indonesia sangat menghargai perbedaan itu.
Kita tahu bahwa di Negara kita ini mempunyai banyak sekali macam ragam kebudayaan. Hampir dari tiap provinsi di Negara ini mempunyai kebudayaan masing-masing.

Contoh nya di Indonesia ada banyak sekali tarian tradisional yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.Tarian tarian tersebut memiliki arti tersendiri bagi masyarakatnya.

Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Di Indonesia terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesia. Tarian tarian ini sudah ada dari zaman dahulu.

Dahulu tradisi kuno di Indonesia adalah sebuah tarian dan drama. Tetapi sekarang sudah dilestarikan di berbagai sanggar dan sekolah seni tari. Seni tari Indonesia digolongkan ke dalam 3 kategori.

Pertama tari bercorak prasejarah atau tari suku pedalaman. Kedua tari bercorak Hindu-Budha. Dan ketiga tari bercorak Islam. Sebelum bersentuhan dengan pengaruh asing, suku bangsa di Indonesia sudah mengembangkan seni tarinya sendiri.

Hal itu tampak pada berbagai suku bangsa yang masih bertahan dari pengaruh luar dan memilih hidup sederhana di pedalaman, misalnya di Sumatra ada Suku Batak, Nias dan Mentawai.(RED).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *