Foto ilustrasi

Jepang Sepakati Kerja Sama Ekspor Alutsista Dengan Indonesia

Jepang sepakat dengan pemerintah Indonesia untuk mengekspor alat utama sistem persenjataan (alutsista) beserta transfer teknologinya.

Kesepakatan itu disepakatai dalam pertemuan antara menteri luar negeri dan menteri pertahanan kedua negara di Tokyo pada Selasa (30/3).

“Pertemuan ini merupakan tonggak sejarah dalam hubungan bilateral RI-Jepang menyusul kita saksikan bersama-saya yang merasa terhormat bersama Menhan Jepang Nobuo Kishi menandatangani perjanjian transfer peralatan militer dan teknologinya dari Jepang ke Indonesia,” kata Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, dalam pernyataan pers bersama empat menteri di Tokyo.

Dalam kunjungannya ke Tokyo, Prabowo juga bertemu dengan sejumlah pejabat senior Jepang di bidang pertahanan. Dalam serangkaian pertemuan itu, Prabowo mengajak Jepang untuk bisa lebih berperan dalam membantu memodernisasi kapasitas pertahanan Indonesia.

RI-Jepang, kata Prabowo, juga tengah menjajaki kerja sama penguatan kapasitas pelatihan bagi personel militer di kedua Negara tersebut. Dalam kesempatan yang sama, Menhan Jepang, Kishi, mengatakan negaranya sepakat memperkuat dan bekerja sama dibidang pertahanan dengan Pemerintah RI. Menurutnya, RI-Jepang memiliki prinsip yang sama, seperti menjunjung nilai demokrasi, penegakan hukum, dan kebebasan berekspresi.

“Pertemuan hari ini berlangsung sangat produktif dan diharapkan bisa semakin memperkuat relasi kedua negara, terutama dalam bidang pertahanan, ke level yang lebih tinggi,” kataKishi dikutip CNNIndo.(ADD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *