Balittro : Biji Jarak Pagar Dapat Obati Ambien

Tribun Kota,Advetorial.

Banyak manfaat Lain dari Jarak Pagar yang tidak kita ketahui,Balittro merilis manfaat lain tanaman jarak pagar ini.Jarak pagar dapat mencapai tinggi 2-5 m. Bagian batangnya mempunyai banyak tonjolan bekas daun yang gugur. Jaringan batang dapat membentuk sejumlah cabang ranting. Mengandung getah putih agak keruh. Daun tunggal berbentuk bulat telur dengan bagian permukaan abaksial cenderung lebih pucat. Panjang helai daun mencapai 5-15 cm dengan lebar 6-16 cm membentuk sudut atau berlekuk 3-5. Pangkal daun berbentuk jantung dengan ujung meruncing.

Tulang daun utama membentuk jari sejumlah 5-7 garis, dengan panjang tangkai daun 3-15 cm. Bunga berwarna hijau kekuningan, berkelamin tunggal, berumah satu dengan bunga jantan dan betina masing-masing tersusun dalam rangkaian mirip cawan. Akarnya tumbuh cukup kuat dengan membentuk banyak percabangan.Buah berbentuk bulat berdiameter 3- 4 cm, bila sudah masak buah berubah warna menjadi kekuningan. Buah terbagi dalam 3 ruangan dan saat kering mengalami reta-retak.

Bahan Aktif α-amirin, Kampesterol, Stigmasterol, β-sitosterol, 7-keto[1]sitosterol, HCN, Tanin, Flavanoid, Saponin Manfaat Empiris Anti jamur, Anti virus, anti bakteri, mengobati lidah bayi, keputihan, mengobati radang anak telinga, mengobati sakit gigi Mengobati sariawan, mengobati luka baru, daun (untuk mengobati perut kembung ata masuk angin dan sembelit). Biji (untuk mengobati ambien).

Minyak (untuk obat luar mengolesi bagian luka dan koreng). Cara Pemanfaatan Ambil jaringan daun yang agak tua dan layukan di atas nyala api, kemudian olesi dengan minyak kelapa atau minyak telon atau minyak kayu putih dan tempelkan pada bagian perut bawah dan pinggang. Untuk pengobatan wasir dapat dengan mengunyah biji jarak pagar yang telah dibuang cangkang keras hitamnya pada setiap pagi dan malamnya. Untuk pengobatan luka dengan minyak cukup dengan mengoleskannya (Penulis :Joko Pitono/Balittro).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *