Dugaan-Dugaan Penyebab KRI Nanggala Tenggelam

Tribun Kota,Breaking News.

Tenggelamnya Kapal KRI Nanggala 402 baru-baru ini mengundang banyak pandangan dari berbagai Kalangan,salah satunya Connie Rahakundini Bakrie seorang Pengamat Militer Indonesia,Connie Rahakundini Bakrie (lahir di BandungJawa Barat3 November 1964; umur 56 tahun)  adalah seorang akademikus dan pengamat bidang militer dan pertahanan keamanan berkebangsaan Indonesia. Ia mendapatkan gelar doktor di bidang politik dari Universitas Indonesia dan menjadi dosen di Universitas Pertahanan Indonesia. Ia juga merupakan Presiden dari Indonesia Institute for Maritime Studies.

Connie menyebutkan ada mafia di pengadaan alutsista pengadaan kapal nanggala sehingga menyebabkan gugurnya 53 anak bangsa beliau menyebutnya dengan “Mr.M” inisialnya.

“Coba BPK audit itu berani gak coba audit MRO nya,saya punya kok hasil terakhir maintenance kapal selam lengkap,” Terang Pengamat militer satu ini yang terkenal tegas dan berani di dalam diskusi daringnya beberapa waktu lalu.

Connie juga meminta BPK bisa menelusuri mulai dari tahapan perawatan, perbaikan and operasional (MRO). Pada bagian ini, akan diketahui bagaimana proses sebuah alutista itu dirawat. Dia mengatakan saat ini ditemukan komponen alutsista yang non-original atau abal-abal. Jika komponen rusak diganti dengan yang abal-abal, bisa berakibat fatal. Subsunk atau tenggelamnya KRI Nanggala-402 perlu jadi pemantik bagi semua pihak untuk lebih memerhatikan kondisi alutsista. Kementerian Pertahanan utamanya yang perlu merancang road map alustista. Sehingga, pembelanjaan alutsista bisa terukur dan sesuai kontrak dengan perusahaan penyedia.


Connie juga mengatakan bahwa umur kapal selam tidak masalah asalkan maintenance yang benar-benar sesuai spesifikasi yang bener.(RED).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *