Nuryadi Humas BRPBATP : Ayo Kita Konsumsi Ikan Tambakan Ikan Lokal Indonesia

Tribun Kota,Advetorial.

Ikan tambakan merupakan salah satu komoditi ikan lokal air tawar unggulan yang potensial.
Karena belum banyaknya teknologi dan belum diketahui secara rinci maka mari kita mengenal Ikan ini dan kita konsumsi.

“Ikan tambakan ini telah dirilis oleh BRPBATPP sebagai ikan hasil domestifikasi sesuai dengan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No.54/Kepmen-KP/2018,” Jelas Nuryadi Humas BRPATPP kepada Tribun Kota.

Seluruh karakter biologi, produksi serta produktivitasnya dalam budidaya, maka saat ini, melalui Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan, Teknologi Budidaya Ikan Tambakan Takhasi ini sudah dapat diadopsi dan diterapkan oleh masyarakat.

“Ayo Bapak- Bapak dan Ibu-Ibu kita mulai konsumsi Ikan-ikan lokal hasil domestifikasi kita agar keluarga kita gemar makan ikan khususnya ikan-ikan lokal kita,” Lanjut Nuryadi.



Ikan Tambakan ini ternyata dapat dibudidayakan di lahan marginal (sawah, rawa dan lahan yang tergenang).Selain bisa digunakan sebagai ikan konsumsi, ikan ini juga bisa dijadikan sebagai ikan hias.Ikan tambakan juga bersifat plankton feeder, sehingga dapat dimanfaatkan dalam Culture Based Fisheries (CBF) di perairan umum yang memiliki tingkat kesuburan tinggi.(RED).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *