Komisi IV DPR-RI Hadiri Bimtek Serta Apresiasi Dan Dukung Kegiatan BB Biogen

Tribun Kota,Advetorial.

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Pendapatan dan Produktivitas Melalui Varietas Unggul Baru Badan PEnelitian dan Pengambangan Pertanian di Sangga Buana Hotel Cianjur, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021).

Menurut Kepala BB Biogen, Mastur PhD, kegiatan ini merupakan bagian dari diseminasi atau penyebarluasan teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui penerapan varietas unggul.“Melalui kegiatan diseminasi varietas unggul ini diharapkan nanti para petani bisa menerapkan teknologi yang diajarkan dengan menggunakan bahan-bahan, khususnya benih yang telah dibagikan pada saat acara ini,” ujar Mastur.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur dan Anggota Komisi IV DPR-RI, Dr. Endang Setyawati Thohari. Pada kesempatan ini Endang menyatakan dukungannya dalam pengembangan varietas unggul baru (VUB) dan teknologi Balitbangtan.“Dukungannya berupa anggaran. Jadi kita mendorong supaya anggaran di Balitbangtan, khususnya di BB Biogen itu diperbesar. Kenapa demikian? Karena BB Biogen ini adalah ujung tombak untuk rekayasa genetika. Untuk mengembangkan produksi yang dikemas dalam teknologi baru melalui peneliti-peneliti handalnya,” kata Endang.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur yang diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan, Nurdiyati menyambut baik dengan adanya kegiatan bimtek ini, karena pihaknya menjadi tau apa saja VUB dan teknologi Balitbangtan yang berpotensi untuk diadopsi dan dikembangkan oleh para peani di daerahnya.“Cianjur sendiri cukup siap untuk mengadopsi hasil-hasil penelitian dari Balitbangtan, karena Cianjur memiliki lahan yang cukup luas, kelompok petani yang cukup banyak, jadi kita akan mengaplikasikan beberapa komoditas yang unggul dari Balitbangtan,” kata Nurdiyati.

“Selain padi, yang sangat kami butuhkan di sini adalah kedelai. Saat ini lahan sudah pada siap tapi benihnya susah. Jadi kita sangat membutuhkan kedelai. Apalagi kalau ada varitas kedelai yang unggul seperti yang dimiliki Balitbangtan, kami siap mengembangkannya karena di sini banyak pengrajin tahu dan tempe,” tambahnya.Bimtek dengan jumlah peserta sekitar 200 orang ini dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada pagi hari dengan topik budi daya padi yang disampaikan oleh peneliti Dr. Dodin Koswanudin. Sementara sesi kedua dilaksanakan pada siang hari dengan topik budidaya cabai oleh peneliti Dr. Ifa Manzila.

Selain di Cianjur, rangkaian bimtek ini juga digelar di Kota Bogor, tepatnya di Gedung Agrobacterium BB Biogen pada Kamis (29/4/2021). Kegiatan tersebut diikuti sekitas 100 peserta dengan topik budi daya cabai oleh Ifa Manzila. (Sumber BB Biogen/AB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *