Nuryadi Humas BRPBATPP : Ikan Gabus Tidak Kalah Nikmat Dengan Ikan Lainnya

Tribun Kota,Advetorial.

Salah satu Ikan yang di domestikasi oleh BRPBATPP BOGOR (Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan) adalah Ikan Gabus.Ikan ini sejenis Ikan Predator yang hidup di Air Tawar.Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan-ikan gabus liar yang ditangkap dari sungai, danau dan rawa-rawa di Sumatera dan Kalimantan kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antar pulau. Gabus asin merupakan salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Selain itu ikan gabus segar, kebanyakan dijual dalam keadaan hidup, merupakan sumber protein yang cukup penting bagi masyarakat desa,, khususnya yang berdekatan dengan wilayah berawa atau sungai.

“Ayo Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu ajak keluarganya makan ikan lokal yang rasanya tidak kalah enak dengan ikan-ikan yang biasa dikonsumsi.Coba Ikan Gabus rasanya juga nikmat,” Ujar Bapak Nuryadi Humas BRPBATPP disela pertemuan wawancara dengan Tribun Kota beberapa waktu yang lalu.

Ikan gabus juga merupakan ikan pancingan yang menyenangkan. Dengan umpan hidup berupa serangga atau anak kodok, gabus relatif mudah dipancing. Namun giginya yang tajam dan sambaran serta tarikannya yang kuat, dapat dengan mudah memutuskan tali pancing.Untuk masyarakat desa yang khususnya petani, ikan gabus sangat membantu memusnahkan hama, misalnya: sawah yang banyak di huni oleh hama keong, sering kali berujung dengan gagal panen, akibat dari ulah keong yang sering memakan padi, terutama di usia muda. Namun beberapa petani menemukan cara yang cukup mudah dan sangat membantu, yaitu, dengan mengembang biakan ikan gabus di sawah-sawah yang sedang di garapnya, dengan demikian keong-keong yang banyak merugikan petani sedikit demi sedikit akan berkurang,

Ikan gabus memiliki kandungan asam amino dan asam lemak yang sangat baik untuk tubuh, yang dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Ikan gabus juga memiliki sifat antiinflamasi hingga antibakteri.Ikan gabus adalah ikan air tawar. Ikan yang dipercaya memiliki kandungan protein dan gizi yang tak kalah dibandingkan ikan salmon.Ikan gabus memiliki 25 persen protein dibandingkan ikan lainnya, serta punya kandungan albumin.Dilansir dari berbagai sumber.

Albumin adalah protein utama dala darah yang diproduksi oleh hati. Jika tubuh Anda kekurangan zat albumin berisiko terjangkit berbagai masalah bagi tubuh Anda.Ikan gabus memiliki zat albumin yang tinggi. Zat albumin pada ikan gabus merupakan protein utama dalam darah tubuh.Zat albumin pada ikan gabus memiliki kemampuan menyembuhkan luka di tubuh Anda. Ikan gabus dianjurkan dikonsumsi bagi pasien setelah proses operasi.Ikan gabus juga memiliki sifat antinosiseptif yang mampu meringankan rasa nyeri akibat adanya luka di tubuh Anda. Mengonsumsi secara rutin mampu mempercepat proses penyembuhan luka di tubuh Anda.

Ikan gabus merupakan ikan yang kaya gizi. Mengonsumsi ikan gabus mampu mengatasi masalah kekurangan gizi.Ikan gabus dianjurkan dikonsumsi oleh anak-anak yang kurang nafsu makan. Ikan gabus mampu menjaga keseimbangan gizi dan memenuhi kebutuhan gizi harian pada anak-anak.Kandungan normal pada tubuh Anda mencapai 60 persen. Apabila kekurangan cairan, tubuh tidak akan berfungsi dengan baik.

Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah mampu memelihara otot tubuh Anda. Kandungan protein di dalam ikan gabus sangat penting dalam pembentukan otot Anda.

Protein dalam ikan merupakan salah satu yang terbaik untuk tubuh Anda. Kandungan dalam ikan gabus mampu mengalahkan protein dari ayam, daging sapi, ikan air tawar, bahkan beberapa jenis ikan laut.

Walau ikan gabus memiliki gizi lebih baik dibandingkan ikan salmon, kansungan protein ikan gabus masih kalah dibandingkan ikan salmon. Ikan gabus bisa menjadi pilihan menu ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh Anda. 

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi. Mengonsumsi ikan gabus baik untuk sistem pencernaan tubuh Anda.Ikan gabus memiliki tekstur yang empuk dan mudah dicerna di dalam pencernaan tubuh Anda. Memiliki tekstur yang empuk, ikan gabus tidak membuat sistem pencernaan tubuh Anda bekerja terlalu keras.Ikan gabus memiliki kandungan protein kolagen sebanyak 3 sampai 5 persen.

Mengonsumsi ikan gabus dipercaya berguna mendukung proses pertumbuhan. Ikan gabus sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak, ibu melahirkan, dan ibu menyusui.Nutrisi yang ada di dalam ikan gabus mampu mencegah kekurangan gizi pada proses perumbuhan. Selain baik dikonsumsi untuk anak-anak, ikan gabus juga bisa membantu kebutuhan nutrisi untuk lansia.Hipoalbuminemia adalah kondisi ketika kadar albumindalam darah di bawah batas normal. Kekurangan albumin di dalam tubuh Anda bisa memicu berbagai masalah kesehatan.

Kurangnya nafsu makan, edema, diare, mual, hipotens, penyakit kuning, dan masih banyak lagi adalah gejala-gejala hipoalbuminemia. Jika Anda mengalami hipoalbuminemia bisa memicu bermacam-macam penyakit seperti hipertirodisme, diabetes, sironis hati, gagal jantung, hingga penyakit lupus.Dalam mengatasi kekuarangan albumin di tubuh Anda, ikan gabus bisa menjadi solusi pengobatan penyakit tersebut. Kandungan nutrisi pada ikan gabus mampu mengatasi gejala rendahnya kadar albumin di tubuh Anda.Bagaimana ayo kita coba ikan lokal asli Indonesia.Gemar Makan Ikan.(RED).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *