BRPBATPP Lakukan Pendampingan Teknis Kepada Masyarakat

Tribun Kota,Advetorial.

BRPBATPP  melaksanakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pendampingan teknis pada kegiatan usaha produktif melalui Teknologi Yumina dan Bumina di Masyarakat Sekitar Intalasi Riset, Teknologi Lingkungan Budidaya Air Tawar dan Toksikologi, Cibalagung, Kota Bogor.


Kemudian Pada kegiatan ini didampingi oleh Dr. Enday Kusnendar, Dr. Tri Heru Prihadi, M.Sc, Dr. Adang Saputera, M, Si, Eri Setiadi, M. Sc beserta Tim Teknisi.


Masyarakat sangat antusias dan bersemangat menerima pendampingan Teknologi Yumina dan Bumina yang diberikan.Diharapkan inovasi teknologi hasil riset BRPBATPP dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(seperti dikutip dari laman IG BRPBATPP).

Apa itu Yumina dan Bumina,Yumina merupakan kependekan dari kata yu yang bermakna sayuran, dan mina yang artinya ikan. Sementara itu Bumina merupakan kependekan dari teknologi memadukan pertanian buah dengan ikan.Dalam budi daya ikan sistem yumina, sayuran yang dibudidayakan merupakan tanaman yang menghasilkan batang dan daun yang dapat dijadikan sayur, diantaranya, kangkung, pakcoy, selada, kailan, dan lain-lain.

Sedangkan buah dalam sistem Bumina yang dibudidayakan adalah jenis tanaman semusim yang dapat menghasilkan buah, diantaranya, cabe, tomat, terong, dan lain-lain.Budidaya Yumina-Bumina merupakan pengembangan dari teknologiakuaponik  dengan memadukan antara budi daya ikan (akuakultur) dan budidaya tanaman tanpa tanah (hidroponik).

Dibanding budi daya ikan sistem konvesional, sistem Yumina-Bumina memiliki beberapa keuntungan. Beberapa diantaranya yaitu pemanfaatan lahan pekarangan yang sempit. Selain itu, dalam satu lahan yang sama bisa menghasilkan dua jenis komoditas yaitu sayuran dan ikan

Memilih komoditas baik jenis sayuran maupun ikan dalam sistem budidaya ini memiliki peranan penting. Selain harus cocok dengan suhu tempat budidaya juga harus bisa memenuhi keinginan pasar.(RED).

(Foto llustrasi Yumina Bumina dari Youtube)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *