Bupati Banyumas Achmad Husein Gandeng BB Biogen Kembangkan Kultur Jaringan Komoditas Porang

Tribun Kota, Advetorial
Potensi komoditas porang benar-benar menjadi perhatian bagi Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Bupati Banyumas Achmad Husein mengunjungi Balai Besar Litbang dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) di Bogor. Salah satu tujuan dari kunjungan ini adalah ingin mengenal lebih jauh tentang teknologi perbanyakan benih secara kultur jaringan terhadap komoditas porang.

“Di tempat kami sudah banyak masyarakat yang menanam porang tapi benihnya masih dari katak. Itu memerlukan biaya tinggi dan ada masa dormansi, sehingga kalau panen secara serentak itu saya khawatirkan harganya akan jatuh,” ujar Achmad.

Guna meningkatkan percepatan ekonomi serta meminimalkan kerugian di tingkat petani, Bupati sejak tahun 2013 ini pun bertekad mengembangkan teknologi kultur jaringan.

“Kami bersama Dinas Pertanian Banyumas di sini akan mengembangkan kultur jaringan. Ini perlu keseriusan dan akan dimulai dengan penandatanganan MoU,” sambungnya.

Lebih lanjut Achmad bercerita bahwa pihaknya telah lama menjajaki teknologi kultur jaringan, bahkan sumber daya manusia dan beberapa fasilitas pun telah disiapkan. Namun kerja sama dengan lembaga penelitian tetap diperlukan agar teknologi tersebut dapat diserap secara maksimal.

“Ternyata teknologi kultur jaringan ini tidak semudah yang kami bayangkan. Ada beberapa teknologi yang memerlukan ketekunan dan teknologi yang tinggi. Tapi kami akan mengambil sebagian saja yang bisa kami kembangkan di Banyumas,” kata pria yang mendapat gelar kebangsawanan Kanjeng Pengeran Haryo Adipati Purbowinoto (setingkat Adipati) dari Kesunanan Surakarta ini.

Selain teknologi kultur jaringan, Achmad juga menunjukan ketertarikannya terhadap sejumlah varietas unggul yang dihasilkan BB Biogen, seperti kedelai biji besar Biosoy, cabai tahan virus dan produktivitas tinggi Carvi Agrihorti serta beberapa varietas unggul lainnya.

“Untuk saat ini kita fokus dulu kepada kultur jaringan porang ini, nanti kalau sudah sukses barulah kita akan kembangkan ke komoditas-komoditas unggul lainnya,” pungkas Achmad.

Kepala BB Biogen, Mastur PhD memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Achmad yang mau turun ke lapangan untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dialami petani. Ia pun membuka peluang sebesar-besarnya untuk menjalin kerja sama dalam pemanfaatan teknologi dan varietas unggul rakitan BB Biogen.(Biogen.Litbang.Pertanian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *