Peneliti Temukan Spesies Baru Gurita Dumbo

Tribun Kota, Ragam
Gurita adalah hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas CephalopodaPeneliti spesies laut dalam mengklaim telah berhasil mengidentifikasi spesies baru gurita Dumbo. Para ahli tidak memerlukan tes laboratorium dan pembedahan untuk mengidentifikasi spesies baru itu.

Para peneliti hanya menggunakan pencitraan non-invasif untuk mendeskripsikan spesies baru yang dinamakan Grimpoteuthis imperator atau Emperor Dumbo.

Melansir Science Alert, Emperor Dumbo ditemukan di bagian utara Emperor Seamounts, gunung di bawah laut di barat laut Samudra Pasifik. Para peneliti mengidentifikasi spesies itu melalui kombinasi pencitraan resonansi magnetik medan tinggi (MRI) dan pemindaian mikro-computed tomography (mikro-CT).

Mereka juga menganalisis gen invasif minimal yang dilakukan pada sampel jaringan. Pengukuran standar dan foto digital juga dianalisis untuk memastikan bahwa G. imperator memang berdiri sendiri sebagai spesies. Selain Emperor Dumbo, para peniliti memberi nama spesies itu Dumbo imperial (Prancis) dan Kaiserdumbo (Jerman).

“Dalam zoologi, deskripsi spesies secara konvensional bergantung pada teknik morfologi invasif, seringkali menyebabkan kerusakan spesimen dan dengan demikian hanya sebagian pemahaman dari kompleksitas struktural mereka,” tulis para peneliti dalam makalah.

Sangat jarang menemukan gurita Dumbo yang utuh. Mereka adalah gurita yang hidup di laut sangat dalam dan mereka sering menjadi tangkapan sampingan nelayan, seringkali terlalu rusak untuk diidentifikasi.

Sedikit yang diketahui tentang Emperor Dumbo. Tapi gurita Dumbo lainnya hidup di dasar laut, sedalam 7.000 m. Mereka bertahan hidup dengan memakan cacing dan krustasea mirip udang yang disebut amphipoda yang mereka tangkap dengan menggunakan jaring tentakel mereka sebagai payung untuk menangkap makanan.(CNNindo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *